Butuh Bantuan? Customer service Pediapet.com siap melayani dan membantu Anda.
Selamat Datang Di Pediapet.com Kami Siap Membantu Kebutuhan Kesayangan Hewan Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Reproduksi Pada Anjing | Drh. Lucy Vanessa

Reproduksi Pada Anjing | Drh. Lucy Vanessa

Diposting pada 26 April 2018 oleh Admin | Dilihat: 24 kali

Reproduksi Pada Anjing

Pubertas
Anjing akan mencapai siklus estrus pertama ketika mereka mencapai pubertas. Estrus adalah periode pada siklus reproduksi dimana dapat terjadi kebuntingan pada anjing betina. Estrus biasa disebut dengan istilah “Heat” atau “Mens”atau “Loop”. Rata-rata, pubertas atau dewasa kelamin akan dicapai pada usia kira-kira 6 bulan. Anjing ras kecil biasa cenderung lebih cepat, sedangkan anjing ras besar dan ras sangat besar bisa tidak mencapai estrus pertamanya sampai mereka berusia 18 bulan sampai 2 tahun.

Estrus
Kebanyakan anjing betina mengalami estrus dua kali dalam setahun, atau sekitar setiap enam bulan sekali, meskipun interval dapat bervariasi antar ras, dan anjing ras kecil dapat mengalami siklus hingga tiga kali setahun, sedangkan anjing ras sangat besar hanya mengalami siklus setiap 12-18 bulan. Ketika anjing betina muda mengalami siklus pertama, adalah normal jika mereka mengalami siklus yg tidak teratur. Hal ini dapat terjadi hingga betina tersebut berusia 2 tahun untuk mengembangkan siklus menjadi teratur. Rata-rata estrus berlangsung selama 2-3 minggu, meskipun dapat bervariasi antar setiap individu betina. Estrus ditandai dengan membengkaknya vulva, yang diikuti dengan keluarnya cairan dari vagina. Cairan yang kelua rberawal dari darah, kemudian berubah menjadi lebih cair berwarna pink kemerahan. Anjing betina dalam masa estrus sering urinasi adalah normal. Selama periode estrus, urin anjing betina mengandung feromon dan juga hormone yang keduanya berfungs isebagai signal fasse reproduksinya terhadap anjing lain.

Ovulasi
Biasanya akan terjadi ovulasi pada anjing betina pada saat cairan vagina yang keluar menjadi cair, hal ini menandakan betina tersebut paling subur dan siap untuk perkawinan. Sperma dapat bertahan selama seminggu di dalam saluran reproduksi dan tetap dapat membuahi sel telur. Masa subur dapat diketahui dengan beberapa metode oleh dokter hewan.
Kebuntingan
Kebuntingan pada anjing kira-kira 9 minggu (63 hari). Bagaimana pun, kebuntingan tidak mungkin untuk diketahui pada usia 3 minggu pertama. Dokter hewan yang berpengalaman dapat mempalpasi atau merasakan fetus di dalam rahim pada usia kebuntingan 28-32 hari. USG untuk mendiagnosa kebuntingan dapat dilakukan pada usia kebuntingan 25 hari. Pada usia kebuntingan 6 minggu, tulang-tulang fetus mulai terbentuk kalsium dan kebuntingan dapat didiagnosa dengan x-ray setelahnya.

(drh. Lucy Vanessa, Praktek di Buana Vet Bogor)

Bagikan informasi tentang Reproduksi Pada Anjing | Drh. Lucy Vanessa kepada teman atau kerabat Anda.

Reproduksi Pada Anjing | Drh. Lucy Vanessa | PediaPet.com

Komentar dinonaktifkan: Reproduksi Pada Anjing | Drh. Lucy Vanessa

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Whiskas Pouch Mackerel 85 gr

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 7.410
Royal Canin BHN Maltese 1.5 kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 200.000
Happy Dog Mini Adult 1 kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 100.000
Whiskas Ocean Fish 7 kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 300.000
Rp 300.000
Stok:
SIDEBAR