Butuh Bantuan? Customer service Pediapet.com siap melayani dan membantu Anda.
Selamat Datang Di Pediapet.com Kami Siap Membantu Kebutuhan Kesayangan Hewan Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Apakah vaksin itu? | Drh. Lucy Vanessa

Apakah vaksin itu? | Drh. Lucy Vanessa

Diposting pada 26 April 2018 oleh Admin | Dilihat: 14 kali

“Apakah vaksin itu?”
Sistem imun berperan penting dalam menjaga kesehatan hewan. Salah satu fungsi penting sistem ini adalah melindungi kucing dan anjing dari berbagai penyakit dan infeksi yang disebabkan agen penyakit seperti virus, bakteri, maupun parasit yang dapat menyebabkan respon sakit pada kucing.

Vaksin diberikan untuk mengebalkan sistem imun terhadap serangan mikroorganisme penyebab penyakit. Vaksin dapat mengandung organisme hidup yang dilemahkan (live attenuated), killed atau inactivated vaccine, maupun rekombinan (mengandung hanya satu bagian dari virus yang berperan penting dalam penyakit, kemudian diperbanyak).

Sebelum vaksin dipasarkan, vaksin telah menjalani serangkaian uji untuk memastikan vaksin tersebut protektif, aman dan dan efektif dalam mencegah penyakit. Vaksin mengandung antigen yang ketika diberikan dalam bentuk injeksi, nasal maupun oral, dapat menyebabkan sistem imun merespon dengan memberikan proteksi terhadap tubuh berupa pembentukan antibodi, yang selanjutnya membentuk sel memori sehingga apabila terdapat penyakit yang serupa dengan bibit penyakit yang terdapat dalam vaksin, respon imun mampu mencegah tubuh dari penyakit dan menjaga agar kucing tetap sehat.

“Mengapa vaksin dibutuhkan?”
Seperti pepatah mengatakan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Vaksinasi dapat mencegah terjadi nya tingkat kesakitan dan kematian yang tinggi pada hewan kesayangan akibat terserang infeksi penyakit virus mapun bakteri. Anjing dan kucing yang telah divaksin lebih kuat sistem imunnya dibanding yang belum divaksin karena telah terbentuk antibodi spesifik terhadap penyakit-penyakit yang terdapat dalam vaksin.

“Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum hewan divaksinasi?”
Saat hewan akan divaksinasi, hewan harus dalam kondisi sehat, karena vaksinasi merupakan suatu tindakan memasukkan bibit penyakit yang dilemahkan dengan tujuan untuk merangsang sistem imun. Kondisi yang sehat secara klinis artinya temperatur tubuh nya dalam derajat yang normal ( antara 38-39,5°C), nafsu makan baik, tidak diare, batuk, bersin, maupun terjangkit parasit seperti cacing dan kutu. Hewan juga tidak disarankan untuk dilakukan vaksinasi pada saat kondisi lemah, baru dalam perjalanan jauh, maupun pada saat hamil.

(drh. Lucy Vanessa, Buana Vet Bogor)

Bagikan informasi tentang Apakah vaksin itu? | Drh. Lucy Vanessa kepada teman atau kerabat Anda.

Apakah vaksin itu? | Drh. Lucy Vanessa | PediaPet.com

Komentar dinonaktifkan: Apakah vaksin itu? | Drh. Lucy Vanessa

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Perkilac Milk Kitten 227gr

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 165.000
Sheba Flaked Tuna Whitemeat 85 gr

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 19.950
Fancy Feast Savory Salmon Feast Canned Classic Cat Food 85g

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 17.100
Pedigree Puppy Chicken 400 gr

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 27.550
SIDEBAR